Kam. Des 2nd, 2021

Dua tim Liga 1, Bali United dan Persipura Jayapura, berpeluang merasakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Piala AFC 2021. Bali United dan Persipura Jayapura merupakan dua tim yang akan mewakili Indonesia di Piala AFC 2021. Bali United mendapat slot utama usai menjadi juara Liga 1 2020.

Sedangkan Persipura Jayapura mengganti posisi PSM Makassar selaku juara Piala Indonesia yang tak bisa memenuhi lisensi AFC. Bali United langsung mendapatkan tempat di Grup G Piala AFC 2021 bersama Hanoi FC, Boeung Ket, dan satu wakil lain dari babak play off. Awalnya Persipura harus menghadapi wakil Myanmar terlebih dahulu untuk bisa lolos ke putaran final Piala AFC 2021.

Namun dua wakil Myanmar, Shan United dan Hanthawady United, memutuskun untuk mundur karena situasi negara. Tim Mutiara Hitam tergabung di Grup H Piala AFC 2021 bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon (Vietnam). Pertandingan fase grup Piala AFC akan dimulai pada 30 Juni hingga 6 Juli 2021.

"Pertandingan di Grup H (Piala AFC 2021) akan dimainkan pada 29 Juni hingga 5 Juli, sedangkan Grup I dijadwalkan pada 30 Juni hingga 6 Juli," demikian pernyataan AFC (26/4/2021). Kesempatan langka bisa didapatkan Bali United dan Persipura andai lolos hingga final Piala AFC 2021. Pasalnya, AFC selaku penyelenggaran berencana menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada laga final.

"Sistem Video Assistant Referee (VAR) akan diterapkan untuk musim kedua berturut turut dari babak perempat final Liga Champions AFC 2021 dan di final Piala AFC untuk pertama kalinya," bunyi rilis AFC pada Kamis (29/4/2021). Sistem VAR bertujuan untuk memudahkan wasit dalam mengambil keputusan di lapangan. Mulai dari penentuan gol, penalti hingga pelanggaran dan offside dalam suatu pertandingan.

AFC memastikan bahwa seluruh petugas VAR telah menjalani kursus sejak Maret 2017. Jika mampu lolos ke final, Persipura atau Bali United akan menjadi tim Indonesia pertama yang menggunakan VAR di kompetisi Asia. Namun tercatat dalam sejarah, belum ada satu pun wakil Indonesia yang bisa menembus final Piala AFC.

Prestasi terbaik Indonesia dicatatkan oleh Persipura Jayapura yang mampu mencapai semifinal Piala AFC pada 2014. Sementara edisi 2018 2019, Persija Jakarta dan PSM Makassar sama sama gugur pada babak semifinal Zona ASEAN. Patut dinanti perjuangan Bali United dan Persipura di Piala AFC tahun ini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *